Wednesday, April 11, 2018

Cara Menyetel Karburator Vespa

Selamat berjumpa dengan saya mister brown, salam mesin kanan dari saya!
Sebelumnya saya berterimakasih karena telah berkunjung di Blog saya, pastinya yang berkunjung ini scooteris hebat. sedikit saya bicara tentang scooteris merupakan sebuah hobi pecinta motor vespa. Vespa sndiri merupakan motor tua yang mana sifat dari motor tua kerap sekali mogok,...!!
Tenang gan!!!
Bagi saya merupakan sebuah kebanggaan bila motor mogok bisa memperbaikinya sendiri, oleh karena itu  saran dari saya para scooteris stidaknya bisa memperbaikinya sendiri!!!!!
Jangan takut!!!
Vespa mogok juga bisa terpengaruh karena karburator atau setelan angin pada karburator tidak beres , sehingga bisa mengambat bahan bakar vespa sehingga motor mogok
Kali ini Mr.Brown akan menjelaskan pengalaman cara menyetel karburator vespa
Oke tidak panjang lebar kali ini saya akan berbagi pengalaman cara menyetel angin pada karburator vespa.
  1. langkah pertama bunyikan mesin vespa.
setelah mesin berbunyi masuk pada bagian belakang karbu disitu ada setelan yang berupa Mur / Baut mines, nah pada mur baut itulah fungsi untuk pengaturan angin. caranya cukup mudah mur tersebuk kencangkan penuh sampai posisi menghadap ke atas Vertikal. kemudian kendorkan 2,5 putaran satu putaran 180 derajat.
  1. langkah kedua masuk pada jarum gas, kita kencangkan fungsinya supaya bunyi vespa mengeras tapi jangan terlalu keras, karena fungsi utamanya untuk mencari suara tertinggi / menjerit.
  2. langkah ketiga masuk pada bagian pilot jet / sepuyer kecil. menurut pengalaman saya kalau pilot jet boleh kita kencangkan penuh untuk mencari suara langsam, tetapi kalau terlalu kencang bunyi vespa mati, boleh kendorkan dikit saja,...ini untuk mencari kerapatan bunyi vespa supaya nantinya berbunyi langsam.
  3. langkah berikutnya masuk pada bagian spuyer besar / main jet. pada bagian sepuyer besar kita kencangkan / kendorkan cari suara vespa tertinggi, Maksudnya ketika sepuyer kita kencangkan atau kita kendorkan secara otomatis bunyi vespa berubah bisa melemah atau mengeras. nah pada posisi inilah untuk mencari suara tertinggi / suara paling keras.
  4. pada langkah terakhir ini kendorkan jarum gas, secara otomatis bunyi vespa melemah atau mengecil kemudian cari suara paling langsam
  5. Untuk Lebih Jelasnya Boleh Tonton Videonya Klik Disini!!!!
Demikian sedikit penjelasan dari saya dan mohon maaf  bukan berarti saya menggurui namun sifat saya berbagi pengalaman sesama secooteris. Terimakasih !!!!!

salam mesin kanan dari saya Mr.Brown

1 comment:

  1. Sy lihat di videonya 1 putaran bukan 180 derajat tp 360 derajat, coba dicek lg mungkin sy yg salah

    ReplyDelete